Monday, November 21, 2016

X-tion (Gathering for Special Children)

Hallo sobat Akar Tuli!

Assalamualaikum.
Perkenalkan namaku tanti, aku volunteer baru Akar Tuli. Tanti di sini ingin cerita tentang kegiatan Akar Tuli. Kemarin tanggal 13 November 2016 Akar Tuli ada acara seru lho, tapi kali ini Akar Tuli tidak sendiri. Akar Tuli berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Kedokteran dalam acara Xtion. Wah acara apa itu yaa?

Jadi Xtion ini merupakan kegiatan Extraordinary Gathering for Special Children yang rutin diadakan oleh kakak-kakak dari fakultas ilmu kedokteran universitas brawijaya, kegiatannya mengunjungi Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa (YPTB) Sekolah Luar Biasa Tuna Rungu (SLB) yang berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riadi No. 126, Oro-oro Dowo, Klojen, Malang.

Kakak kakak mahasiswa mengajak kami teman teman Akar Tuli, perwakilan dari teman teman Akar Tuli antara lain teman tuli ada kak Uut(Ketua Akar Tuli), Kak Yoga (Wakil Ketua Akar Tuli), Kak Wildan (Sekertaris Akar Tuli), Kak Jefri (Bendahara Akar Tuli), Kak Ikbar dan Kak Sefa sedangkan perwakilan volunteer ada Kak Ai, Kak Rofi, Kak Idot, Kak Retno, Kak Sry, Kak Anggra dan Tanti.

Kami diminta untuk membantu pelatihan bahasa isyarat kepada kakak kakak mahasiswa kedokteran. Materinya seputar History Taking. History Taking biasanya dipakai untuk keperluan berkomunikasi antara dokter dan pasien untuk mengetahui apa yang dikeluhkan pasien tentu di terjemahkan dalam bahasa isyarat. Untuk mempermudah pelatihan kami di bagi dalam beberapa kelompok kecil dalam satu kelompok terdapat satu teman tuli dan satu volunteer lalu kakak-kakak mahasiswa ikut bergabung dalam kelompok jumlah nya kurang lebih enam orang. Kegiatannya seru sekali, kakak-kakak mahasiswa sangat antusias dan banyak bertanyaan seputar bahasa isyarat dan ketulian.

Setelah pelatihan bahasa isyarat kami diajak untuk bermain game. Bermain game ini kami ditemani adik-adik dari sekolah Yayasan Tunas Bangsa, Sekolah Luar Biasa Tuna Rungu. Kegiatan bermain ini tidak kalah seru. Ada 3 jenis permainan yaitu permainan estafet kardus, estafed karet dan memasukkan paku dalam botol secara bersama-sama. Dalam game dibagi menjadi kelompok kelompok dan setiap kelompok terdiri dari kakak-kakak mahasiswa, teman-tema Akar Tuli dan adik-adik dari SLB. Permainan terasa sedikit berbeda sebab setiap instruksi permainan harus dijelaskan menggunakan bahasa isyarat. Walaupun cuaca sangat terik kami tetap bersemangat untuk bermain. Akhirnya permianan dimenangkan oleh kelompok Kak Yoga Kak Anggra dan Kak Sry. Setelah permainan dilanjutkan dengan acara snack time yaitu pembagian kue dan susu. Acara ditutup dengan penyerahan vandel dari kakak kakak mahasiswa ilmu kedokteran kepada Kak Yoga selaku wakil ketua Akar Tuli, lalu cap tangan dengan menggunakan cat kemudian foto bersama kakak-kakak mahasiswa, teman-teman Akar Tuli, adik-adik siswa SLB dan Guru SLB.

Terima Kasih Kakak –kakak Mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran Unversitas Brawijaya, Guru serta Adik-Adik siswa SLB Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa . Semoga keceriaan dan kebersamaan ini tetap berlanjut di acara –acara berikutnya.

No comments:

Post a Comment